Tips Memilih Domain Yang Tepat Untuk Toko Online Anda !!!

Tips Memilih Domain !!


Salah satu hal penting yang harus menjadi pertimbangan anda saat akan membuat sebuah situs baru adalah menentukan domain yang akan digunakan. Domain merupakan sebuah alamat yang digunakan oleh pengguna internet untuk mengakses sebuah website. Pengunjung yang dating ke sebuah website bisa dating darimana saja salah satunya adalah mesin pencari seperti Google. Jika pengguna itu menemukan situs yang mereka cari maka mereka akan mengklik link yang tersedia dan masuk ke situs tersebut. Pada kunjungan berikutnya, mereka tidak lagi menggunakan search engine untuk emnemukan website favorit namun langsung menggunakan alamat website tersebut. Disinilah alas an utama untuk memiliki domain yang tepat dan mudah diingat.



Sebuah website yang memiliki domain yang terlalu sulit diingat lama-kelamaan akan ditinggalkan oleh pengunjung setianya karena jika mencari melalui mesin pencari belum tentu posisi website itu terlihat di halaman pertama pada hasil pencarian. Karena tidak ingat lagi nama domain dari website anda, para pengunjung ini akhirnya memilih situs lain sebagai alternatif. Banyak pemilik blog yang menyesal karena mereka tidak tahu bahwa domain sangat berpengaruh terhadap kekuata blog tersebut dalam menjaring lebih banyak pengunjung. Syarat nama domain dikatakan baik dan ideal adalah sebagai berikut:

  • Singkat
  • Mudah iingat
  • Mudah dieja
  • Berkesan
  • Tidak memakai simbol
  • Deskriptif

Semakin singkat nama domain maka akan semakin mudah untuk diingat oleh para pengunjung. Saat ini sudah banyak website profesional yang dibangun lebih dulu daripada website anda dan kemungkinan nama domain yang anda incar sudah ada yang memiliki. Namun tidak ada salahnya untuk mencari beberapa alternatif nama domain yang singkat. Fitur bookmark yang ada pada setiap browser mungkin akan memudahkan para pengunjung situs anda untuk berkunjung kembali tetapi memiliki nama domain yang sederhana tetaplah menjadi perhatian utama karena mungkin anda perlu mengucapkan nama domain tersebut melalui telepon untuk berpromosi.


Ejaan yang terlalu berbelit-belit dan memungkinkan kesalahan ketik atau typo sebaiknya juga anda hindari. Pakailah bahasa yang mudah dimengerti dan jangan mencampurnya dengan istilah yang aneh serta tidak dimengerti oleh para pengunjung. Kesalahan ketik akan berujung pada akses yang gagal karena website tidak ditemukan. Tapi ada juga kemungkinan bahwa pengunjung anda diarahkan ke website yang lain dengan nama domain yang menyerupai nama domain anda. Jika hal ini terjadi, maka traffic situs anda akan turun drastis karena pengunjung justru masuk ke website lain. Jangan menggunakan kata yang disingkat dan tdiak lugas.


Pilihlah nama domain yang mampu memberikan kesan yang menarik dan positif kepada pengunjung anda. Jika website anda masuk dalam golongan website komersil, maka gunakanlah nama toko anda sebagai nama domain dan jangan nama anda sendiri. Nama personal bisa digunakan apabila website itu merupakan website pribadi. Saran untuk situs komersil yang sedang menari nama domain unik adalah degan menggabungkan antara nama toko atau brand dan jenis barang yang dijual. Penggunaan kata-kata untuk domain harus diperhatikan agar tidak menyinggung hal yang tabu atau berhubungan dengan SARA. Ada banyak ekstensi nama domain yang tersedia dan bisa anda pilih diantaranya:

  • .com
  • .net
  • .org
  • .mobi
  • .edu

Usahakan agar website anda menggunakan ekstensi top level domain seperti .com yang paling umum digunakan. Pemilihan ekstensi ini juga dipengaruhi oleh tujuan anda dalam membuat sebuah website. Ekstensi .com sering digunakan untuk website komersil atau situs-situs umum lainnya. Selain .com, ekstensi domain yang terbaik lainnya adalah .net. Jika situs anda adalah situs resmi dari sebuah lembaga atau organisasi, anda dapat meakai ekstensi .org sebagai salah satu alternatif. Ekstensi .edu dipakai untuk website bertema pendidikan sedangkan jika pengunjung situs anda lebih banyak berasal dari kalangan penggunan gadget mobile, maka situs anda akan lebih mudah diakses dengan ekstensi .mobi.

Ekstensi ini sangat berpengaruh pada SEO suatu website meskipun belum jelas seberapa besar pengaruhnya. Banyak ahli SEO yang menyarankan kepada para pemilik website untukmenggunakan ekstensi.com karena ekstensi ini sudah sangat dikenali oleh mesin pencari sehingga kemungkinan website anda untuk terindeks akan lebih besar. Jika website anda gagal diindeks oleh mesin pencari karena pemakaian ekstensi yang tidak dikenali, maka website tersebut tidak akan muncul dalam hasil pencarian yang berarti mengurangi kesempatan anda untuk mendapatkan pengunjung yang bersumber dari mesin pencari.


Pemakaian simbol sering merintangi para pengunjung saat ingin mengakses situs anda. Salah satu simbol yang sering dipakai oleh para pemilik situs adalah garis strip (-). Penggunaan jenis simbol ini biasanya karena nama domain yang diinginkan sudah dipakai oleh situs lain sehingga tidak disetujui untuk dijadikan nama domain baru. Jika nama domain yang ingin digunakan masih ada, hindari pemakaian tanda yang menyulitkan ini. Aturan yang sama juga berlaku untuk pemakaian kombinasi angka pada nama domain. Penambahan angka ini justru akan membuat nama website anda terkesan konyol apalagi jika toko online yang anda miliki tidak ada kaitannya dengan angka.


Nama domain yang dipilih harus bisa mendeskripsikan isi website secara umum agar pengunjung juga dapat memperkirakan halaman yang akan mereka kunjungi setelah mengklik suatu URL. Nama domain bisa dibuat dari nama brand yang anda promosikan. Cara ini bisa anda pakai apabila nama brand tersebut asli produksi anda sendiri. Jika anda menggunakan brand yang sudah terkenal tanpa ijin, kemungkinan besar anda akan mengadapi tuntutan dari pemilik brand tersebut karena sudah mengkomersialisasikan nama brand mereka.


Domain yang anda beli juga harus bebas dari domain saat dibeli maupun saat masih dimiliki oleh orang lain. Domain yang sudah jadi ini biasanya memiliki kelebihan seperti sudah terindeks oleh mesin pencari sehingga anda tinggal memaksimalkan teknik SEO saja namun bisa juag berdampak negatif bagi sebuah website jika sebelumnya pernah terkena pinalti oleh Google. Beberapa situs yang bisa anda pakai untuk mengecek sebuah domain adalah sebagai berikut:

  • OnlineAlley.com
  • SelfSeo.com
  • ctrlq.org/sandbox/
  • BannedCheck.com
  • Isbanned.com
  • Seomastering.com

Setiap pelanggaran yang dilakukan oleh suatu website pasti akan mendapatkan peringatan dan hukuman dari Google cepat atau lambat. Beberapa jenis pelanggaran yang sering terjadi adalah adanya konten duplikat, penggunaan teknik SEO yang berlebihan, konten bajakan, melanggar hak cipta orang lain, atau berisi pornografi. Sebuat website bisa digunakan kembali jiak sudah lepas dari sanksi Google namun domain yang digunakan akan rentan terkena hukuman lagi jika melanggar dan sanksi yang diberikan biasanya lebih berat. Jadi jika anda membeli sebuah domain jadi, pastikan bahwa sejarah pemakaiannya terlepas dari hukuman search engine dengan mengakses beberapa situs tersebut.

Subscribe to receive free email updates: