Tips Biar Toko Onlinemu Laris Manis

Tips Biar Toko Onlinemu Laris Manis
1. Memilih Produk Yang Tepat 
Jika kamu sudah memiliki produk dan kamu membutuhkan took online sebagai salah satu alur penjualan , maka kamu tidak harus memikirkan produk apa yang harus di jual. Jika kamu sudah memiliki produk dan kamu membutuhkan took online sebagai salah satu alur penjualan , maka kamu tidak harus memikirkan produk apa yang harus di jual. Tetapi jika belum menentukan produk yang akan di jual , lakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui produk apa yang banyak dibutuhkan konsumen. Setelah mengetahuinya tidak berarti kamu harus menjual produk itu juga tetapi lakukan riset tambahan untuk mengamati para penjual yang sudah lebih dulu menjual produk tersebut . amati kekurangan dan kelebihan mereka. Jika masih merasa menemukan ceelah atau potensi pasar untuk menjual produk yang sama , kamu bias menjual produk tersebut. Jika tidak melihat celah , kamu bias menjual produk lain yang kamu nilai berpeluang untuk di jual. Jangan takut menjual produk yang tidak terlalu popular karena akan selalu ada peluang untuk ceruk pasar (niche market) sekalipun.

2.Nama Domain 
Memilih nama domain took harus unik. Menarik, mewakili produk, dan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Nama took juga sama harus menarik dan mudah diingat

3.Tampilan Toko dan Alur Transaksi 
Meski tidak semua pembeli terpengaruh oleh desain toko ketika berbelanja, tampilan toko harus mendapat perhatian. Menarik tidaknya tampilan toko online sangatlah relative. Akan tetapi hampir semua pengunjung situs menyukai situs yang tampak rapid an memudahkan mereka melihat produk, serta memiliki konten yang selalu update . kamu juga bias menambahkan banner sebagai penanda hari besar seperti hari raya , liburan sekolah. Setelah itu saat mereka memutuskan untuk membeli , alur transaksi yang sederhana dan tidak berbelit-belit tentunya lebih disukai.

4. Promosikan Tokomu
K
alau kamu sudah punya produk bagus , lalu toko juga tak kalah bagus , semua itu tidak akan berarti jika toko tersebut tidak diketaui banyak orang. Promosikan keberadaan tokomu. Kamu bias membuat pengumuman yang menarik dab persuasif di mailing list , situs jejaring social , forum , blog atau bahkan iklan di berbagai media (cetak , elektronik, atau online) jika dana memadai.

5. Selalu Menyediakan Layanan Prima

S
etelah berhasil membawa pengunjung masuk ke tokomu, layani mereka dengan sebaik mungkin. Karakteristik toko online yang tanpa interaksi fisik akan membuat pengunjung mengajukan banyak pertanyaan, bahkan untuk prproduk yang kamu pikir sudah dilengkapi keterangan sangat lengkap sekalipun. Berikan jawaban yang memuaskan dan sampaikan dengan bahasa tulisan yang baik. Jika pengunjung punya permintaan yang harus dipenuhi melalui email, instant messanger, sms atau telp, layani permintaan tersebut dengan sebaik mungkin, pilih jasa pengiriman yang baik dan terpercaya dan yang tak kalah penting lakukan pengiriman sesuai jadwal yang di janjikan

6. Solutif dan Informatif
Tak jarang terjadi, sebuah toko tidak bias memenuhi kebutuhan pembeli karena keterbatasan stok. Misal Ukuran , warna, tipe atau motif yang diinginkan pembeli tidak tersedia.
Saat hal itu terjadi, segera berfikir solutif dan menawarkan produk lain yang mirip dengan yang diinginkan, mencari produk yang diinginkan di tempat lain atau memberitahukan jika produk yang mereka inginkan sudah tersedia di kemudian hari. Jangan pelit informasi, sertakan informasi produk dengan lengkap . untuk pakaian misalnya , sertakan keterangan ukuran dengan detail, seperti panjang, lebar, lingkar dada , panjang lengan , lingkar pinggang, berikut petunjuk  cara mengukur pakaian , warna yang tersedia berat produk dan lain sebagainya. Sertakan tips-tips yang membantu pembeli dalam memilih produk yang kamu jual, missal tips memilih gadged , tips memilih dan mengaplikasikan farfum dan lain-lain.

7.Suasana Belanja Yang Nyaman Dan Aman.
Ingat selalu bahwa pengguna jasa toko online kebanyakan adalah orang-orang yang menginginkan kepraktisan dan kemudahan dalam berbelanja. Buat mereka nyaman dan jangan sampai mereka malah merasa direpotkan saat berbelanja di tokomu, misalnya karena minimnya informasi , serta link yang membingungkan. Satu hal yang tak kalah penting adalah rasa aman saat melakukan trasnsaksi , baik untuk transaksi yang dilakukan dengan transfer bank , kartu kredit ataupun alat pembayaran lainnya

8. Proaktif

Lakukan pendekatan dengan lebih proaktif kepada konsumen. Jika kami memiliki pengunjung yang berpotensi membeli atau cuek sekalipun atau pembeli yang berpotensi menjadi pelanggan atau pembeli yang tak pernah kembali lagi, lakukan pendekatan secara proaktif.
Kamu bias menggagas komunikasi dengan mereka , missal dengan mengirim email ucapan terimakasih, ucapan selamat atau sekedar sapaan sambil memberitahukan produk terbaru di tokomu. Lakukan dengan intensitas yang cukup , jangan terlalu sering karena bias saja malah dinilai mengganggu.
 

9. Mendapatkan dan Menjaga Kepercayaan.
Kepercayaan adalah salah satu modal penting dalam berbisnis  online. Pembeli tidak pernah mengetahui rupa dan keberadaan penjualn secara fisik , diharuskan membayar terlebih dahulu sebelum mereka menerima produk. Hal ini tentu membutuhkan kepercayaan yang cukup tinggi dari penjual kepada pembeli.
Untuk itu kamu harus bisa menumbuhkan kepercayaan pengunjung dan pembeli, misalnya dengan memberi  produk terbaik sesuai dengan yang dijanjikan saat promosi, member layanan , jawaban , respons, atas pertanyaan dan keluhan pembeli dengan sebaik mungkin. Tunjukan bahwa kamu memang serius dalam mengelola toko online. Kamu juga bisa member jaminan uang  kembali apabila konsumen merasa tidak puas dengan produk yang di beli. Sertakan banner  “Jaminan uang kembali” di situs, dan praktikan jaminan itu dengan sebaik-baiknya. Untuk menyakinkan pengunjung , tampilkan testimoni dari para pembeli yang mengaku puas dengan produk dan layanan yang kamu berikan. Setelah mendapatkan kepercayaan dari pengunjung dan pembeli , kamu harus  menjaga kepercayaan tersebut , dengan mempertahankan bahkan meningkatkan  kualitas produk dan layanan kepada mereka.

10. Gelar Program Diskon

Untuk menyiasati ketatnya persaingan , kamu bisa memikat pembeli dengan tawaran diskon atau potongan harga. Kirimkan kupon diskon untuk menjaga loyalitas pelanggan dan lakukan secara berkala dengan perhitungan yang cermat
. Selain diskon pda produk, kamu juga bisa member diskon pada biaya pengiriman. Riset yang dilakukan paypal menunjukan bahwa 45 % transaksi online batal karena mahalnya biaya ongkos kirim yang ditambahkan pada harga produk. Kamu bisamemberi potongan ongkos kirim atau bahkan menggratiskannya untuk pembelian dalam jumblah banyak atau pelanggan yang sudah melakukan beberapa kali pembelian , bisa juga gratis onkos kirim untuk pengiriman ke kawasan tertentu seperti Jabodetabek.

11. Personalisasi Layanan.

Kenali pengunjung dan pembeli melalui pertanyaan yang mereka ajukan, misalnya produk yang mereka cari , warna yang mereka sukai, ukuran yan g mereka inginkan , hobi dan lain sebagainya.
Dari data tersebut , kamu bisa melayani pembeli secara personal, misal kamu menawarkan kemeja hitam kepada pengunjung yang suka warna hitam, menawarkan buku resepke pada yang hobi memasak, menawarkan celana dan lain sebagainya. Tumbuhkan kreatifitasmu.

12. Jalin Relasi

Bina hubungan baik dengan berbagai pihak , mulai dari pemasok produk, pengunjung/pembeli , bahkan kompetitor sekalipun. Semakin luas dan semakin baik hubungan kamu dengan berbagai pihak, akan memudahkanmu dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis.
Saat kamu mengalami kesulitan stok misalnya, kamu bisa mengandalkan para relasi untuk membantu mencarikan solusi hal yang sama juga harus kamu lakukan pada saat mereka membutuhkan bantuan.

13.Membership

Buat dan rencanakan program keanggotaan yang menawarkan sejumblah kemudahan dan fasilitas tambahan bagi anggota. Tawarkan program tersebut kepada pengujung atau pembeli yang pernah melakukan trasaksi di tokomu. Ajak mereka bergabung dan membangun ikatan yang lebih erat dengan mereka.
Dari sini kamu bisa menggali informasi . mengumpulkan kritik dan masukan untuk lebih memajukan toko. Program ini juga akan meningkatkan  loyalitas mereka terhadap toko online yang kamu kelola.


Subscribe to receive free email updates: